Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

Langkah Mudah dan Tepat Menjaga Kebersihan saat Menstruasi


Menjaga kebersihan organ intim sangatlah penting untuk dilakukan terutama pada saat kondisi menstruasi. Keluarnya darah haid membuat area kewanitaan menjadi lebih sensitif. Kebersihan harus dijaga untuk mencegah munculnya bau tak sedap selama datang bulan. Selain itu menjaga kebersihan juga penting untuk menjaga area intim tetap sehat.

 

Menjaga Kebersihan Organ Intim

Malas menjaga area intim bisa memberi efek negatif bagi kondisi kesehatan reproduksi. Banyak langkah yang bisa dilakukan agar area intim selalu terjaga kebersihannya, apalagi saat datang bulan. Berikut adalah panduan langkah mudah dan tepat menjaga kebersihan area intim selama masa menstruasi:

 


  1. Gunakan Pembalut yang Tepat

Saat ini ada beragam jenis pembalut yang bisa dipakai selama masa datang bulan. Mulai dari pembalut sekali pakai dengan beragam ukuran hingga pembalut yang bisa dicuci. Pilihlah jenis pembalut yang tepat dan membuat area kewanitaan merasa nyaman. Hindari jenis pembalut yang bisa membuat area intim mengalami iritasi.

 

Sebagian orang juga sudah mulai beralih dari produk pembalut ke menstrual cup. Intinya, pilihlah fasilitas yang paling membuat diri sendiri merasa nyaman. Jika sudah merasa nyaman maka tubuh akan rileks dan hal ini juga berpengaruh pada kesehatan organ intim Anda. Saat memakai pembalut yang tidak nyaman, maka tubuh bisa stress dan malah menurunkan kondisi kesehatan area intim.

 

  1. Ganti Pembalut secara Rutin

Usahakan untuk rutin mengganti pembalut saat datang bulan. Paling tidak pembalut harus diganti setiap 4 hingga 5 jam sekali. Mengganti pembalut secara rutin akan meminimalkan perkembangan bakteri di area intim. Setiap kali mengganti pembalut, basuh area intim hingga bersih agar tidak menyisakan bau dan bakteri.

 

Setiap kali mengganti pembalut, bersihkan pembalut kotor terlebih dahulu sebelum dibuang. Darah sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu baru kemudian pembalut dimasukkan ke kantong plastik dan dibuang di tempat yang tepat. Apabila memakai pembalut yang dipakai ulang, maka cucilah pembalut segera hingga bersih kemudian jemur di bawah sinar matahari.

 


  1. Gunakan Produk Sabun yang Tepat

Selama menstruasi, sangat disarankan untuk rajin membersihkan area intim. Pemakaian sabun organ kewanitaan juga bisa dijadikan pilihan. Gunakan jenis sabun khusus yang diformulasikan lembut untuk merawat area intim selama menstruasi. Ikuti aturan pemakaian dan jangan menggosok terlalu keras untuk menghindari terjadinya iritasi.

 

Jika memang ingin menggunakan sabun khusus, maka pastikan produk tersebut aman dan terdaftar BPOM. Apabila setelah pemakaian ditemukan adanya iritasi dan rasa tidak nyaman, maka hentikan pemakaian. Bisa juga dicari alternatif produk lain dengan formula yang lebih ringan. Kalau saya menggunakan produk milik betadine yang memang cocok untuk daerah kewanitaan kita 

 

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Menjaga kesehatan organ intim juga perlu dilakukan dari dalam dengan menjaga asupan makanan yang dikonsumsi. Makanlah makanan yang sehat dan bergizi selama datang bulan. Saat datang bulan, tubuh membutuhkan gizi yang mencukupi agar tidak lemas. Selain itu konsumsi makanan sehat juga bisa membantu area intim tetap terjaga kebersihannya dari dalam.

 

  1. Mandi Rutin dan Jaga Kebersihan Tubuh

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan tubuh salah satunya dengan mandi rutin minimal 2 kali sehari. Jaga juga kebersihan tangan setiap kali akan mengganti pembalut. Jika tubuh dalam kondisi bersih maka secara otomatis organ intim juga akan terjaga kebersihannya.

 

Itulah tadi langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan selama menstruasi. Masa datang bulan akan jadi lebih menyenangkan dan nyaman jika kebersihan selalu terjaga. Gunakan produk-produk yang tepat agar kualitas kesehatan organ intim tetap terjaga baik.

Kalau Produk betadine saya selalu beli via online ke tokopedia,karena pandemi biasa gak kemana-mana kita. Jadi untuk menjaga aman semuanya kita beli online aja

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Mudah dan Tepat Menjaga Kebersihan saat Menstruasi"

Post a Comment

Terkini