Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

Langkah Mudah dan Tepat Menjaga Kebersihan saat Menstruasi


Menjaga kebersihan organ intim sangatlah penting untuk dilakukan terutama pada saat kondisi menstruasi. Keluarnya darah haid membuat area kewanitaan menjadi lebih sensitif. Kebersihan harus dijaga untuk mencegah munculnya bau tak sedap selama datang bulan. Selain itu menjaga kebersihan juga penting untuk menjaga area intim tetap sehat.

 

Menjaga Kebersihan Organ Intim

Malas menjaga area intim bisa memberi efek negatif bagi kondisi kesehatan reproduksi. Banyak langkah yang bisa dilakukan agar area intim selalu terjaga kebersihannya, apalagi saat datang bulan. Berikut adalah panduan langkah mudah dan tepat menjaga kebersihan area intim selama masa menstruasi:

 


  1. Gunakan Pembalut yang Tepat

Saat ini ada beragam jenis pembalut yang bisa dipakai selama masa datang bulan. Mulai dari pembalut sekali pakai dengan beragam ukuran hingga pembalut yang bisa dicuci. Pilihlah jenis pembalut yang tepat dan membuat area kewanitaan merasa nyaman. Hindari jenis pembalut yang bisa membuat area intim mengalami iritasi.

 

Sebagian orang juga sudah mulai beralih dari produk pembalut ke menstrual cup. Intinya, pilihlah fasilitas yang paling membuat diri sendiri merasa nyaman. Jika sudah merasa nyaman maka tubuh akan rileks dan hal ini juga berpengaruh pada kesehatan organ intim Anda. Saat memakai pembalut yang tidak nyaman, maka tubuh bisa stress dan malah menurunkan kondisi kesehatan area intim.

 

  1. Ganti Pembalut secara Rutin

Usahakan untuk rutin mengganti pembalut saat datang bulan. Paling tidak pembalut harus diganti setiap 4 hingga 5 jam sekali. Mengganti pembalut secara rutin akan meminimalkan perkembangan bakteri di area intim. Setiap kali mengganti pembalut, basuh area intim hingga bersih agar tidak menyisakan bau dan bakteri.

 

Setiap kali mengganti pembalut, bersihkan pembalut kotor terlebih dahulu sebelum dibuang. Darah sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu baru kemudian pembalut dimasukkan ke kantong plastik dan dibuang di tempat yang tepat. Apabila memakai pembalut yang dipakai ulang, maka cucilah pembalut segera hingga bersih kemudian jemur di bawah sinar matahari.

 


  1. Gunakan Produk Sabun yang Tepat

Selama menstruasi, sangat disarankan untuk rajin membersihkan area intim. Pemakaian sabun organ kewanitaan juga bisa dijadikan pilihan. Gunakan jenis sabun khusus yang diformulasikan lembut untuk merawat area intim selama menstruasi. Ikuti aturan pemakaian dan jangan menggosok terlalu keras untuk menghindari terjadinya iritasi.

 

Jika memang ingin menggunakan sabun khusus, maka pastikan produk tersebut aman dan terdaftar BPOM. Apabila setelah pemakaian ditemukan adanya iritasi dan rasa tidak nyaman, maka hentikan pemakaian. Bisa juga dicari alternatif produk lain dengan formula yang lebih ringan. Kalau saya menggunakan produk milik betadine yang memang cocok untuk daerah kewanitaan kita 

 

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Menjaga kesehatan organ intim juga perlu dilakukan dari dalam dengan menjaga asupan makanan yang dikonsumsi. Makanlah makanan yang sehat dan bergizi selama datang bulan. Saat datang bulan, tubuh membutuhkan gizi yang mencukupi agar tidak lemas. Selain itu konsumsi makanan sehat juga bisa membantu area intim tetap terjaga kebersihannya dari dalam.

 

  1. Mandi Rutin dan Jaga Kebersihan Tubuh

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan tubuh salah satunya dengan mandi rutin minimal 2 kali sehari. Jaga juga kebersihan tangan setiap kali akan mengganti pembalut. Jika tubuh dalam kondisi bersih maka secara otomatis organ intim juga akan terjaga kebersihannya.

 

Itulah tadi langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan selama menstruasi. Masa datang bulan akan jadi lebih menyenangkan dan nyaman jika kebersihan selalu terjaga. Gunakan produk-produk yang tepat agar kualitas kesehatan organ intim tetap terjaga baik.

Kalau Produk betadine saya selalu beli via online ke tokopedia,karena pandemi biasa gak kemana-mana kita. Jadi untuk menjaga aman semuanya kita beli online aja

Subscribe to receive free email updates:

27 Responses to "Langkah Mudah dan Tepat Menjaga Kebersihan saat Menstruasi"

  1. Menjaga kebersihan saat menstruasi emang penting banget ya, Mbak. Saya tuh baru tahu setelah dewasa kalau nggak boleh membersihkan organ kewanitaan pakai sabun mandi. Udah kebiasaan padahal hehehe. Lebih baik pakai air bersih atau pakai produk seperti Betadine Feminine Wash.

    ReplyDelete
  2. Oh, baru tahu kalau ganti pembalut itu harus tiap 4-5 jam. Biasanya kalau belum penuh ya nggak ganti hehehe. Makasih infonya, Mbak.

    ReplyDelete
  3. Produk seperti Betadine itu bisa dipakai oleh remaja nggak? Berapa harganya?

    ReplyDelete
  4. Baca tulisan ini jadi lebih paham seputar menstruasi. Makasih sharingnya. Betadine makin inovatif dan peduli dengan kesehatan perempuan

    ReplyDelete
  5. penting banget buat para wanita, n bapak2 juga perlu tahu hal begini ya biar bisa lebih memahami pasangan, hihihi

    ReplyDelete
  6. manajemen kebersihan menstruas ini penting bangetttt sih
    ibu2 kudu ngaajarin ke anak wedok.
    supaya makin paham serba/i haid.

    ReplyDelete
  7. Jadi perempuan ternyata ribet juga ya? Ini yang harus diketahui para bapak dan calon bapak...hehe.
    Btw, info yang sangat berguna

    ReplyDelete
  8. Wah bener banget nih kalo menstruasi harus dijaga kebersihannya. Soale kalo ngga takutnya ntar malah dampaknya bisa jadi jangka panjang kan malah seram.

    ReplyDelete
  9. wah ini informasi penting juga untuk para pria, supaya bisa menginformasikan ke istri bagaimana yang benar

    ReplyDelete
  10. ini informasi yang bagus banget untuk perempuan. Karena bara artikel ini saya jadi tau kalau sebaiknya ganti pembalut sesering mungkin demi kesehatan

    ReplyDelete
  11. informasi yang baik ini, terima kasih atas detail informasinya. IInformasi simple tapi ini salah satu akar kesehatan yaitu kebersihan

    ReplyDelete
  12. Sebagai calon Ibu wajib banget buat paham kesehatan reproduksi termasuk untuk sadar menjaga kebersihan saat menstruasi. Ketika saatnya tiba bisa memberikan penjelasan yang baik kepada anak-anak dan lingkungan sekitar mengenai hal ini,karena kesehatan reproduksi bukanlah hal yang tabu

    ReplyDelete
  13. Nah ini yg harus semua perempuan tahu, kebersihan organ intim sangat penting, tentunya agar sehat dan terjaga kesehatannya

    ReplyDelete
  14. Wah, info yang sangat bermanfaat dan berfaedah banget, kak. Walau saya tidak pernah tahu rasanya menstruasi itu seperti apa, tapi insight semacam ini tetap bermanfaat.

    ReplyDelete
  15. Aku pun juga pake produk Betadine Mbak untuk berbagai macam kebutuhan. Luka, sariawan, dan buat ngejaga kebersihan miss V pun juga pake produk Betadine. Emang udah valid lah kualitasnya karena aku yang dulu sempet suka gatel2 jadi berkurang banget setelah rutin pake.

    ReplyDelete
  16. informasi penting untuk masyarakat ini, karena tidak semua wanita mengetahui tentang hal ini. bagaimana menjaga kebersihan dirinya sendiri

    ReplyDelete
  17. Sebagai wanita saya baru mengetahui hal ini, biasanya kalau sudah penuh baru ganti. Terima kasih informasinya, nest akan lebih menjaga tentang kebersihan diri saya sendiri

    ReplyDelete
  18. Yang nomor tiga, baru tahu deh ada produk Betadine buat kebersihan daerah kewanitaan. Cari ah, mumpung besok ada free ongkir.

    ReplyDelete
  19. Woh aku baru tau nih ada hari kebersihan menstruasi ya mba. Wkwkwk.. kudet banget. Emang aku termasuk kurang info soal menarke ini loh.. pas dikasitau soal mens ya pas udah mens gitu .. jd telat pahamnya.

    ReplyDelete
  20. Nggak dibahas pake menstrual cup ya? Bebas cuci2 pembalut aku krn pakai itu..kayaknya menscupku perlu rutin dicuci betadine biar tetep higienis..

    ReplyDelete
  21. wooo, produknya betadine lengkap juga ya, mulai dadi obat kumur sampai utk organ intim.

    ReplyDelete
  22. perlu banget tahu tentang menstruasi dan bagaimana menjaga kebersihan daerah vital...

    ReplyDelete
  23. Edukasi seperti ini penting bukan hanya untuk cewek, para cowok juga butuh pengetahuan terkait tamu bulanan ini. Makasih sudah dikasih sharing pengalaman

    ReplyDelete
  24. perlu ada manajemen yang pas saat menstruasi sehingga kebersihan kewanitaan selalu terjaga. Penting menemukan pembalut yang tepat sehingga nyaman berkegiatan sepanjang hari

    ReplyDelete
  25. Pembelajaran seperti ini wajib untuk dikatahui oleh semua orang.
    Sukses selalu mba :D

    ReplyDelete
  26. Cewek-cewek harus pada tahu nih cara menjaga kesehatan daerah kewanitaan. Ntar kalau udah nikah aku kasih tau istriku ah. 😁

    ReplyDelete
  27. Bener banget kebersihan saat menstruasi harus dijaga agar ga kena berbagai macam penyakit infeksi terutama ya mba. aku banyak dapat ilmu baru dari webinar tsb.

    ReplyDelete

Terkini