Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

Ingin Punya Tabungan Saat Pensiun, Pertimbangkan Tips Penting Ini!


Masa tua yang kaya dan bahagia menjadi impian semua orang sejak masih muda. Namun, ada banyak kasus kehidupan orang yang berusia lanjut tidak sesuai dengan harapan di lapangan. Tentu Anda tidak menginginkan masa pensiun yang harus aktif bekerja dengan tenaga yang tidak maksimal, termasuk risiko degeneratif usia. Seiring usia yang terus bertambah, kekuatan dan kemampuan tubuh akan berkurang sehingga Anda perlu memiliki asuransi dan jaminan masa pensiun dengan bergabung Manulife mulai sekarang.

Kiat Bisa Memiliki Masa Pensiun yang Bahagia 

Usia yang tua rentan mengalami berbagai masalah kesehatan yang membuat Anda membutuhkan biaya perawatan lebih besar dibandingkan usia produktif. Selain itu, ketidakmampuan tubuh melakukan aktivitas seperti usia muda membuat Anda harus memiliki dana tabungan. Mengingat kebutuhan usia tua tidak kalah besar, keberadaan dana pensiun bisa menjamin kehidupan tetap stabil dan bisa menjadi salah satu kunci Anda mengembangkan investasi atau bisnis sampingan setelah pensiun.

Mungkin Anda yang masih produktif dan menghasilkan gaji jutaan rupiah per bulan, belum memikirkan risiko kesehatan atau ketidakmampuan tubuh bekerja seperti masa muda. Coba pikirkan apakah Anda bisa menjamin usia pensiuan di atas 60 tahun masih mampu menghasilkan pendapatan yang sama? Hal inilah yang wajib menjadi pertimbangan untuk Anda dalam mempersiapkan dana pensiun. Guna meminimalkan risiko keuangan pada usia tua, Anda harus mempertimbangkan memiliki asuransi dana pensiun dari Manulife.

Alasan Anda harus memiliki dana pensiun sejak usia produktif yaitu :

1. Keinginan pensiun dini
Mungkin Anda ingin menikmati waktu tua yang berkualitas bersama orang terdekat atau keluarga saat usia menginjak 45 atau 50 tahun. Pada usia tersebut, Anda masih punya cukup kekuatan tubuh untuk melakukan sesuatu yang baru, bekerja sebagai freelancer saja, liburan, dan hal-hal menarik lain. Pastikan ada tabungan dana pensiun yang bisa mendukung keuangan Anda dan keluarga setelah memutuskan untuk pensiun dini dari perusahaan.

2. Risiko kesehatan usia tua yang tinggi
Anda harus merencanakan dana pensiun sejak awal karena semua orang memiliki risiko kesehatan seiring faktor pertambahan usia. Meskipun Anda bisa meminimalisir risiko terkena penyakit komplikasi dengan gaya hidup sehat, tetapi risiko kesehatan tetap ada karena faktor degeneratif organ dalam tubuh. Bukan berarti Anda tidak menerapkan pola hidup sehat yang bisa menekan risiko kesehatan lebih baik dibandingkan orang yang memiliki gaya hidup tidak sehat.


3. Biaya perawatan rumah sakit tinggi
Seiring waktu berlalu, biaya perawatan dan pemulihan di rumah sakit Indonesia cukup tinggi. Anda bisa melihat atau kroscek rata-rata biaya kesehatan untuk penyakit yang acap diderita orang tua sangat tinggi, apalagi tidak terkover asuransi kesehatan. Selain memiliki asuransi kesehatan sejak dini, tetap miliki perencanaan dana pensiun untuk antisipasi biaya rumah sakit yang tidak terkover asuransi kesehatan.

4. Rencana menikmati masa tua yang bahagia
Setiap orang pasti mendambakan masa pensiun yang lebih bahagia seperti tetap aktivitas menyenangkan, gaya hidup tidak berubah seperti usia produktif, bisa liburan atau piknik bersama keluarga, dan kegiatan yang membutuhkan biaya lain. Dengan adanya dana pensiun yang cair pada usia tua, Anda bisa menikmati masa tua tanpa memikirkan harus terus bekerja demi mendapatkan biaya hidup.

5. Angka harapan hidup yang bertambah
Penelitian menunjukkan angka harapan hidup orang Indonesia pada tahun 2020 telah meningkat menjadi angka 75-78 tahun. Pada usia tersebut, Anda tetap bisa melakoni masa tua yang bahagia karena memiliki dana simpanan. Dana pensiun yang Anda bayarkan setiap bulan bisa menjadi tabungan masa tua yang berguna dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari meski Anda tidak lagi bisa bekerja produktif.


Tidak hanya penurunan biaya hidup saja, anak muda masa sekarang harus memperhatikan gaya hidup sehat yang lebih baik. Pasalnya, dana pensiun yang Anda miliki bisa saja habis bila Anda menuruti gaya hidup tidak sehat pada usia muda. Anda bisa memiliki risiko terkena penyakit berat atau komplikasi yang butuh biaya perawatan dan pemulihan yang lebih besar. Bila ingin masa pensiun yang bahagia, ubah gaya hidup Anda mulai lebih baik dan sehat sejak muda.

Pentingnya Jaminan Masa Pensiun 


Pada masa pandemi seperti sekarang ini, orang mulai sadar mengenai pentingnya mengatur keuangan lebih bijak. Dana pensiun menjadi hal penting guna mencegah risiko Anda tidak memiliki tabungan setelah memutuskan berhenti bekerja. Pastikan Anda memiliki jaminan perlindungan hari tua yang diberikan perusahaan atau Anda daftarkan atas sukarela diri sendiri untuk masa tua nanti. Kalau bisa mewujudkan #semakinharisemakinbaik sejak Anda masih aktif bekerja, kenapa tidak?

Manulife sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang asuransi terbaik di Indonesia menawarkan program Dana Pensiun Lembaga Keuangan atau DPLK Manulife yang memberikan perlindungan hari tua terbaik. Perencanaan dana pensiun ini bisa membuat Anda hidup lebih tenang tanpa memikirkan risiko dimasa tua nanti. Untuk Anda yang bekerja di perusahaan pun, Manulife telah bekerja sama dengan 2.300 perusahaan, sedangkan total peserta yang mengikuti program DPLK sekitar 570 ribu orang sepanjang tahun 2020 kemarin.

Bila tempat Anda bekerja menetapkan iuran dana pensiun sendiri yang dibayarkan sebagai pesangon saat Anda pensiun nanti, tidak ada salahnya untuk bergabung dengan DPLK Manulife lebih cepat. Anda bisa berkonsultasi terkait mandatory plan mengenai jumlah pembayaran dana pensiun setiap bulan yang bisa menutup kekurangan dana pensiun dari perusahaan kelak.


Gaya hidup masa tua Anda tetap aman karena tabungan pensiun yang Anda miliki sesuai rencana, misalnya gaji Anda 10 juta per bulan, maka pastikan punya penghasilan setidaknya 5-7 juta rupiah setelah pensiun. Anda tidak perlu bingung mencari kekurangan uang untuk menutupi kebutuhan hidup pada hari tua yang tidak kalah tinggi. Cara penghitungan kebutuhan masa tua berlaku untuk semua orang baik pekerja tetap di perusahaan, pegawai pemerintah atau freelancer yang wajib menyisihkan dana dari fee bulanan.

Hasil Manulife Asia Care Survey yang melakukan penelitian pada 519 responden telah membuktikan bahwa 88 persen responden menyatakan perencanaan dana pensiun sangat penting. Hasil ini bisa menjadi referensi untuk Anda yang masih ragu mengalokasikan dana per bulan untuk kebutuhan masa tua yang lebih bahagia. Bila orang lain sudah menyadari betapa pentingnya memiliki dana pensiun sejak usia produktif, kapan Anda akan mulai bergabung program ini?

Kini Anda bisa menjadi salah satu peserta DPLK Manulife yang bisa lebih poduktif tanpa memikirkan masa pensiun. Hal ini dikarenakan dana #DPLKManulife dikelola secara profesional dan memiliki aset pengelolaan lebih dari 21 milyar rupiah, lho! Sebuah angka fantastis yang akan terus bertambah seiring pengelolaan aset yang dilakukan tim Manulife dijamin aman. Yuk, mulai siapkan dana pensiun Anda dengan bergabung menjadi peserta DPLK Manulife lewat link  www.manulife.co.id yang terjangkau, aman dan praktis di era digital ini!

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Ingin Punya Tabungan Saat Pensiun, Pertimbangkan Tips Penting Ini!"

  1. Nah bener banget, nih, harus mempersiapkan tabungan untuk pensiun apalagi yang bukan pegawai negeri.

    ReplyDelete
  2. Good blog.Are you also searching for Help With My Nursing Paper? we are the best solution for you. We are best known for delivering nursing writing services to students without having to break the bank.

    ReplyDelete
  3. congratulations. This is quite a good blog. Keep sharing. I love them Are you also searching for nursing writing help? we are the best solution for you.

    ReplyDelete

Terkini