Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

Memahami Perbedaan Bilyet dan Sertifikat Deposito

Program Referal Komunal

Deposito berjangka menjadi salah satu tabungan untuk kebutuhan masa depan yang lebih terperinci. Anda yang ingin mengelola keuangan lebih baik, wajib memiliki deposito berjangka mulai usia muda. Pasalnya, Anda bisa mengajukan pendaftaran deposito berjangka secara online di era digital ini. Proses pengajuan hingga pengiriman bilyet deposito ke rumah Anda dijamin aman dan cepat, kok. Tidak ada salahnya Anda mengikuti program referal Komunal untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan. 

Tapi kalau buat yang pengen paham investasi sejak awal bisa kesini ya karena itu ditulisan awal, biar bener-bener paham ya

5 Perbedaan Bilyet dan Sertifikat Deposito

Menabung pangkal kaya bukan sekadar slogan semata, tapi bisa memberikan manfaat nyata bila Anda mempraktekkannya mulai sekarang. Bila tabungan reguler hanya memberikan keuntungan berupa bunga yang minim, maka deposito berjangka bisa menjadi tabungan sekaligus investasi masa depan. Pasalnya, bunga yang diberikan pada program deposito lebih tinggi bisa mencapai angka di atas 5 persen, lho! Apalagi Anda yang mempertimbangkan deposito BPR aman, maka nilai bunga yang diberikan mencapai 6 persen p.a, ya!


Namun, Anda yang awam dalam mendaftarkan diri sebagai pemilik deposito, pasti akan mendapatkan bilyet deposito lebih dulu. Banyak orang menganggap sertifikat deposito sebagai kepemilikan sah, padahal Anda akan menerima bilyet deposito saat membuka deposito di lembaga keuangan mana pun. Jadi, bagaimana perbedaan antara bilyet dan sertifikat deposito ini? Yuk, simak ulasan singkat berikut ini!

1. Nama nasabah pada bilyet dan sertifikat deposito 

Anda harus tahu bahwa bilyet deposito merupakan bukti sah yang menunjukkan bahwa Anda pemilik deposito tersebut. Artinya alat ini tidak bisa dijual belikan sebab nama Anda tertera pada tanda bukti tersebut, sedangkan sertifikat deposito acap digunakan para pebisnis. Para pebisnis memakai sertifikat deposito sebagai kepemilikan dana di lembaga keuangan tertentu yang bisa diperjualbelikan sebab nama nasabah tidak tertera pada sertifikat tersebut. 

2. Proses pencairan 

Proses pencairan DepositoBPR sangat mudah, cepat dan aman bila Anda memilih melakukan deposito di lembaga keuangan terpercaya yang dijamin oleh OJK. Deposito BPR aman untuk menyimpan dana Anda dalam waktu lama sebab dana deposito dijamin LPS sebagai Lembaga Penjamin Simpanan di Indonesia. 

Perbedaan bilyet giro dan sertifikat deposito terletak pada proses pencairan di mana hanya pemilik bilyet giro yang bisa mencairkan simpanan, sedangkan sertifikat deposito yang bisa diperjualbelikan bisa dicairkan oleh pemilik sertifikat atau pihak lain yang membeli sertifikat tersebut. 


3. Nilai bunga 

Anda harus tahu bahwa nilai bunga pada deposito berjangka yang memakai bilyet giro bisa dicairkan pada masa jatuh tempo, misalnya deposito berjangka enam bulan akan dibayarkan senilai uang pokok dan bunga, kecuali Anda berencana melakukan perpanjangan. 

Sedangkan pemilik sertifikat deposito bisa mendapatkan nilai bunga yang dibayarkan sejak awal pengajuan. Tinggal pertimbangkan apakah Anda tertarik menyimpan dana dengan tujuan pribadi atau aset masa depan atau memilih menjadi pebisnis yang bisa menjual sertifikat deposito kapan saja. 

4. Proses perpanjangan 

Seperti yang disebutkan dalam paragraf sebelumnya bahwa pemilik bilyet deposito bisa melakukan proses perpanjangan otomatis bila masa deposito sudah habis, termasuk meningkatkan nilai deposito dari simpanan pokok ditambah bunga dalam kurun yang disepakati tersebut. Sedangkan pemilik sertifikat deposito tidak bisa melakukan perpanjangan langsung sebab perlu mendapatkan persetujuan dari pihak bank atau lembaga keuangan terkait. 

5. Kelebihan dan kekurangan

Bilyet deposito memiliki kelebihan dari segi kemudahan pengajuan, nilai bunga yang besar, bisa diperpanjang otomatis, meskipun Anda tidak bisa mencairkan deposito sebelum jatuh tempo bila tidak ingin mendapatkan denda tambahan. 

Bagi pemilik sertifikat deposito, maka Anda bisa mendapatkan kelebihan dari segi pengajuan bunga yang besar bila bisnis punya potensi besar yang menguntungkan. Kekurangan sertifikat deposito yang bisa dicairkan siapa saja adalah Anda bisa saja membayar denda tambahan bila deposito dicairkan sebelum masa jatuh tempo tiba.

Dengan memahami perbedaan bilyet dan sertifikat deposito, kini Anda bisa memilih untuk mengajukan deposito berjangka sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Bila Anda tipe orang yang ingin berbisnis skala besar dan meraih untung, tidak ada salahnya memiliki sertifikat deposito. Namun, pemula yang ingin belajar menabung dan berinvestasi lebih aman dengan risiko yang minim, maka bilyet deposito berjangka menjadi pilihan terbaik. Segera ajukan Deposito BPR Anda secara online yang lebih praktis yang bisa diakses kapan dan di mana saja, yuk!

Deposito BPR Aman

Ikuti Program Referal Komunal dengan Cashback Menarik

Anda tertarik mengajukan deposito yang aman dan praktis secara online di era digital ini, maka manfaatkan program referal Komunal yang tengah hits. Program Komunal DepositoBPR bisa diakses secara online, termasuk pengajuan hingga proses pengiriman bilyet deposito ke rumah Anda lebih cepat dan aman. Produk Komunal dijamin aman dengan nilai cuan yang sangat potensial untuk kalangan millenial. Caranya sangat mudah sebab Anda hanya perlu mengajukan deposito berjangka online dan dapatkan kode referal nya.

Saat Anda mendaftar deposito di Komunal DepositoBPR, Anda akan langsung mendapatkan cashback senilai 20.000 rupiah. Nantinya kode referral yang Anda dapatkan bisa langsung dibagikan pada teman-teman agar mendapatkan cashback senilai 100.000 rupiah per satu teman. Jika Anda bisa mengajak lebih dari satu teman, maka punya peluang mendapatkan cashback senilai 500.000 dengan ketentuan kelipatan 10 teman. Keren banget khan DepositoBPR itu? Makanya langsung cobain ya, kalau kode referal saya di RK3008

Program referal Komunal hanya berlaku selama akumulasi 1 Februari 2022-31 Maret 2022 dan total cashback yang Anda dapatkan akan dikirim ke rekening pembukaan deposito Anda pada tanggal 5 April 2022 nanti. Nilai deposito Anda akan semakin bertambah seiring penambahan bunga pada masa jatuh tempo nanti. Nah, ingin mendapatkan cuan tambahan saat Anda membuka deposito pertama? Segera ikutan program referal Komunal di website resmi Komunal.id yang menguntungkan dan bagikan kode referral Anda sekarang juga, ya! Pokoknya jangan lupa ya RK3008, udah pasti menguntungkan


Komunal DepositoBPR

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Memahami Perbedaan Bilyet dan Sertifikat Deposito "

  1. Tahu sihh kalau deposito, baru dengar malah bilyet ternyata keduanya berbeda. Belakangan ini banyak yang memilih deposito kayaknya, hemm menarik juga memang programnya, mantep.

    ReplyDelete

Terkini