Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

Cara Mudah dan Efektif Mengatasi Penjualan Menurun dalam Bisnis Online

Yuk Jualan Online

Mengelola sebuah bisnis memang bukanlah sebuah perjalanan yang mudah. Banyak tantangan yang harus dihadapi di dalamnya dan salah satunya adalah ketika penjualan menurun. Dalam kondisi seperti ini, bisnis yang Anda kelola biasanya akan kesulitan untuk bertahan. Tapi jangan panik, jika tahu cara tepat mengatasinya maka bisnis tetap bisa berjalan bahkan berkembang semakin stabil. 

Mengatasi Penurunan Penjualan

Angka penjualan menjadi salah satu fokus penting bagi seorang pebisnis online. Apa jadinya jika angka penjualan ini justru lesu dan terus mengalami penurunan? Jangan panik, yuk jualan online dengan lebih bijak dan terapkan strategi yang terarah agar masalah penurunan penjualan ini bisa teratasi. Berikut adalah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut:

1. Pelajari Kembali Target Pasar

Pertama-tama, Anda perlu memeriksa target pasar terlebih dahulu. Apakah distribusi dan promosi produk ini sudah tepat sasaran ke target yang diinginkan atau belum? Biasanya penurunan penjualan bisa terjadi karena produk Anda tidak sampai ke target pasar yang sesungguhnya. Bisa jadi ada perubahan pada tren pasar yang membuat target pasar Anda tidak lagi sesuai. 

Kunci penting untuk mencapai penjualan yang memuaskan adalah memahami target pasar. Jika target pasarnya tepat dengan produk yang dijual maka angka penjualannya akan bagus. Jadi sangat disarankan untuk melihat kembali seperti apa target pasar yang dimiliki dan bagaimana perilaku pasar tersebut. Jika perlu, ubahlah target pasar yang ingin dijangkau agar produk bisa lebih diminati. 

2. Lakukan Inovasi pada Produk

Selanjutnya lakukan inovasi pada produk yang dijual. Penurunan penjualan biasanya terjadi karena produk yang dijual tidak menarik, tidak berkualitas, atau memiliki kekurangan lain. Jadi lebih baik lakukan evaluasi dulu apa yang menjadi titik kekurangan dari produk tersebut. Penting sekali untuk mempelajari produk yang dijual lebih dalam.

Catat apa saja kekurangan produk dan faktor apa yang membuatnya kurang menarik di mata masyarakat. Lakukan inovasi dan berikan perubahan pada produk tersebut. Pastikan bahwa perubahan tersebut mengarah pada peningkatan produk dan membuatnya lebih diminati oleh target konsumen. 

Penjualan Menurun

3. Ubah Metode Promosi

Penjualan menurun juga bisa disebabkan oleh metode promosi yang tidak tepat. Sebenarnya bisnis online itu sendiri memiliki banyak kemudahan untuk promosi. Beragam jenis platform digital bisa dimanfaatkan untuk keperluan promosi demi menjangkau target konsumen yang lebih luas. Namun bisa jadi Anda kurang cermat dalam memanfaatkan peluang promosi tersebut. 

Coba evaluasi lagi apa saja metode promosi yang sudah dijalankan. Dari sini Anda bisa menambah strategi promosi atau mengubah strategi yang sudah dilakukan sebelumnya. Sesuaikan dengan target pasar dan lakukan hal-hal kreatif agar promosi bisa lebih menarik. 

4. Evaluasi Harga Produk

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengevaluasi harga produk. Bisa jadi angka penjualan menurun karena harga produk memang kurang rasional. Biasanya hal ini dipicu oleh harga produk yang terlalu mahal, jauh lebih mahal dari rata-rata harga produk serupa di pasaran. 

Di zaman sekarang ini masyarakat semakin cermat memperhatikan pilihan produk dan harga. Jika harganya lebih mahal dari rata-rata produk yang dijual di pasaran maka sudah pasti produk tersebut tidak akan dilirik. Jadi cobalah untuk mencari harga yang paling pas agar bisa menguntungkan konsumen sekaligus Anda sebagai penjual. Lakukan promosi yang menarik jika sudah ada harga baru yang ditetapkan. 

5. Berikan Promo

Dalam dunia bisnis online, promo biasanya selalu berhasil untuk menarik pembeli dan meningkatkan angka penjualan. Mayoritas target pasar memang menyukai promosi apalagi jika ada harga khusus yang sangat menguntungkan. Sudah pasti produk tersebut akan lebih mudah disukai apalagi oleh target pasar yang sesuai

Jualan di Lazada

Cobalah untuk merencanakan sebuah program promo yang menarik. Misalnya saja dengan memberikan potongan harga khusus untuk sebuah produk. Anda juga bisa membuat promo lain misalnya dengan menjual produk dalam bentuk bundling. Tidak ada salahnya untuk melihat kompetitor Anda dan amati apa saja promo yang biasa mereka berikan kepada konsumen. 

6. Manfaatkan Peran Influencer

Di dunia digital seperti sekarang, peran influencer memang begitu besar terutama bagi para pelaku bisnis online. Terutama influencer media sosial, mereka punya andil besar dalam memengaruhi pasar. Jika Anda bisa memanfaatkan peran influencer dan mengajak mereka untuk bekerja sama maka besar kemungkinan produk semakin dikenal luas dan angka penjualan meningkat. 

Dalam hal ini Anda perlu memanfaatkan media sosial dan memilih influencer yang tepat. Pastikan influencer tersebut memiliki pengaruh besar bagi pasar dan punya niche konten yang relevan dengan produk Anda. Ini akan sangat membantu produk Anda dikenal lebih luas dan dibeli lebih banyak orang. 

7. Perluas Jangkauan Pasar

Selanjutnya silakan perluas jangkauan pasar Anda supaya jumlah produk yang terjual semakin banyak. Konsepnya mudah, semakin luas jangkauan pasar Anda maka akan semakin besar juga potensi untuk menjual lebih banyak produk. Jadi jangan ragu untuk mulai memperluas jangkauan konsumen. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperluas jangkauan pasar bisnis Anda. Selain menggunakan media sosial dan konten-konten menarik di sana, Anda juga bisa memanfaatkan website bisnis. Selain itu tidak ada salahnya juga untuk memanfaatkan marketplace sebagai platform berjualan yang efektif. 

Yuk Jualan Online di Lazada


Penggunaan marketplace memang jadi langkah tepat untuk memasarkan produk bisnis online lebih luas lagi. Apalagi di zaman digital seperti sekarang di mana orang-orang lebih suka berbelanja lewat marketplace. Ini akan menjadi sebuah kesempatan emas untuk mengatasi masalah penjualan menurun dan 

Saat ini ada banyak jenis platform marketplace yang bisa Anda manfaatkan untuk memperluas bisnis online. Salah satu pilihan marketplace terbaik yang dapat Anda gunakan adalah Lazada. Lazada memiliki wadah yang efektif bagi Anda untuk memasarkan produk lebih luas dan mencapai angka penjualan sesuai harapan. 

Popularitas Lazada sebagai marketplace juga begitu tinggi. Banyak orang memilih platform ini untuk menemukan barang-barang yang dibutuhkan. Yuk jualan online lewat Lazada untuk mendapatkan angka penjualan yang jauh lebih memuaskan. Jangkauan pasar bisa jadi lebih luas dan meningkatkan penjualan bisnis Anda secara efektif. 

Jualan di Lazada bisa memberikan banyak keuntungan bagi Anda. Pertama, Anda bisa menjual produk ke banyak konsumen hanya lewat satu platform saja. Kemudian Anda juga bisa mendapatkan banyak fasilitas dan fitur menarik yang disediakan oleh Lazada. Tentu saja semua fitur tersebut akan mendukung Anda untuk meningkatkan angka penjualan lebih banyak lagi. 

Masalah angka penjualan yang menurun pada bisnis Anda pasti bisa teratasi jika mulai jualan di Lazada. Kredibilitas Lazada sebagai platform jual beli online juga sudah tidak diragukan lagi. Sistemnya juga mudah dan banyak sekali fitur menarik yang tidak hanya menguntungkan pembeli tapi juga penjual. Jadi, yuk jualan online di Lazada dan raih target penjualan Anda secepatnya!

Cara Berjualan di Lazada

Buat yang bingung gimana cara berjualan di Lazada nich tak kasi informasi yang jelas dan gampang ya

  • Yuk buka link pendaftaran penjualan https://www.howwesell.asia/id/yukjualanonline/ dan klik tombol mulai berjualan
  • Isi nomor HP yang akan digunakan untuk jualan, ini sebagai data pendaftaran ya
  • Pilih tipe seller, biasanya individu ya. Isi data lengkap seperti email dan passwordnya
  • Setting alamat toko, supaya pada saat pengambilan dan pengembalian itu kurir lebih mudah mengirimkan produk kita
  • Upload KTP, data lengkap semuanya. Jangan sampai ada yang salah karena semua akan berpengaruh pada data kalian untuk jualan
  • Check email dan jangan lupa klik tombol verifikasi ya. Setelah itu toko siap beroperasi. Jangan lupa selalu update stock kalian ya, supaya pembeli lebih mudah
Gampang banget ya berjualan di Lazada, makanya sekarang gak ada alasan lagi katanya sulit menambah penghasilan. Semua tergantung dari usaha dan kemauan kita untuk lebih baik. Era modern memang lebih mudah dan nyaman untuk pengusaha dan UMKM, semua tinggal klik klik aja dan update jualannya. Promo di sosmed, di status WA udah paling gampang. Semua langsung jadi. Yuk segera buka toko kalian di Lazada, kita upayakan penjualan menurun jadi meningkat terus ya. Yuk-yuk kalian pasti bisa

Kalau bingung baca tutorialnya aja, Lazada menyediakan blog jualan online. Di sana banyak diulas pertanyaan dan kebingungan kita tentang jualan online. Makanya sekarang aku makin semangat untuk mengatur toko onlineku setelah baca blognya. Pokoknya bikin semangat jualan membara

Subscribe to receive free email updates:

35 Responses to "Cara Mudah dan Efektif Mengatasi Penjualan Menurun dalam Bisnis Online"

  1. Pentingnya evaluasi bisnis yang sedang dijalankan, jadi tau bagaimana cara mengatasi bisnis yang sedang menurun. Jualan di Lazada banyak keuntungannya ya

    ReplyDelete
  2. Ternyata banyak juga ya faktor yang memengaruhi penurunan penjualan. Kalo saja poin di atas diterapkan, insha Allah penjualan bakal meningkat lagi..

    Tipsnya bermanfaat sekali. Terima kasih.

    ReplyDelete
  3. Nah, yang menggunakan influencer ini jarang diketahui orang, sih. Terus UMKM yang saya tahu enggan menggunakan jasa copywriter juga.

    ReplyDelete
  4. harus selalu evaluasi emang kalau kita jalankan bisnis, karena seiring perkembangan zaman banyak yang berubah, teknologi juga harus dimanfaatkan dalam berbisnis salah satunya dengan jualan online di marketplace seperti Lazada yang bisa memberikan manfaat besar dalam berbisnis bagi setiap sellernya.

    ReplyDelete
  5. Nah, masih belajar nih soal jualan online kayak gini. Harus tahu strateginya, kalau sekira menurun, harus cari penyebabnya. Keren Lazada memberi tempat buat yang ingin berbisnis online

    ReplyDelete
  6. Lazada adalah platform jualan online yang aman dan terpercaya, pasarnya luas sampai ke Asia Tenggara pastinya akan membuat produk kita lebih mudah dikenali oleh calon konsumen, selain itu juga di Lazada ada banyak komunitasnya yang bakal bantu mendorong produk kita semakin berkembang

    ReplyDelete
  7. Memberikan promo memang salah satu yang tepat untuk meningkatkan penjualan. Apalagi kalau promo itu kita juga dapatkan layana dari marketplacennya. Kayak di Lazada ini, ada program promo mingguan. Kan asyik jadinya. Buat para seller jadi makin terbantu.

    ReplyDelete
  8. Berbisnis itu memang ada pasang surutnya. Saat sedang menurun tentu saja perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui dimana kekurangannya. Ngadain promosi, discount atau ikut paket-paket promo juga bisa dilakukan. Apalagi kalau lewat Lazada, pasti banyak model promosi yang ditawarkan ya

    ReplyDelete
  9. memang harus terus belajar ya kalau berbisnis tuh, apalagi jualan online yang makin bvanyak pesaingnya :)

    ReplyDelete
  10. Inovasi memang harus terus dilakukan untuk bertahan di dunia bisnis online ya

    ReplyDelete
  11. Dengan mengamati tren pasar dan melihat berbagai kemungkinan yang bisa ditingkatkan dari sisi marketing, semoga bisa meningkatkan kembali penjualan dalam berbisnis. Apalagi bisnis online ini bisa jadi jangkauannya tak terbatas kalau pelayanannya ramah dan gercep.

    ReplyDelete
  12. Dengan melihat tren yang ada di pasar, kita bisa tahu produk produk apa yang bisa dijual dan laku
    Ini tips penting bagi yang penjualan menurun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tipsnya oke banget bisa ni buat suamiku yg ngantor. Cek ricek tiket juga

      Delete
  13. tips ini penting banget nih buat para pegiat jualan online, selain mempersiapkan mental jika terjadi penjualan yang menurun

    ReplyDelete
  14. Tips nya bermanfaat banget buat mengatasi penjualan yang turun. Makin semangat menjual lagi habis baca ini. Emang promo se-menarik itu buat push lagi penjualan sih. Makasih mbak.

    ReplyDelete
  15. Waa terima kasih tipsnya. Aku juga pernah berjualan online tapi terhenti karena penjualan menurun.
    Memang di saat seperti itu perlu banyak belajar lagi, terutama membaca, agar bosa menaikkan jualan lagi

    ReplyDelete
  16. Betul nih ya perluas jangkauan pasar supaya makin banyak yang bisa menikmati produk jualan kita. Apalagi Lazada udah terkenal.

    ReplyDelete
  17. sebagai penjual kita memang harus selalu mempelajari perkembangan pasar yang sedang terjadi ya makanya strategi marketing juga harus selalu update biar penjualan bisa tetap stabil

    ReplyDelete
  18. lengkap banget ini mba, mulai tips ssampai cara jualan. semoga bisa memudahkan orang2 yang mau memulai bisnis ataupun mau go online dengan lazada

    ReplyDelete
  19. Kadang memang ekpsektasi dan realisasi itu tak bersahabat. Apalagi di dunia bisnia atau dagang. Penjualan menurun bikin drop bahkan patah semamgat.

    Tapi ulasan dala artikel ini membaa pencerahan atasi penurunan penjualan. Jadi bisa diantisipasi.

    Yuk jualan online

    ReplyDelete
  20. Harus dicatat nih 6 langkah mengatasi penurunan target pasar. Gak ada salahnya nyoba jualan di Lazada. Ternyata semudah itu. Cocok buat pemula

    ReplyDelete
  21. Buat yang punya bisnis poin poin di atas perlu dicatat dan diterapkan nih, penting banget untuk bikin bisnis terus bangkit

    ReplyDelete
  22. Facing declining sales in online business can be daunting, but your insights offer practical solutions. Understanding target markets, innovating products, refining promotion methods, and evaluating pricing are indeed vital strategies. Thanks for sharing!
    New Jersey Extreme Risk Protection Order

    ReplyDelete

Terkini