Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

Cara Menurunkan Berat Badan Buat Kamu yang Susah Konsisten


Sejak bertekad menjalani hidup sehat, saya mulai berpikir untuk memulai diet. Selain demi alasan penampilan, diet bagi saya merupakan kunci terhindar dari berbagai penyakit. Lewat diet gula misalnya, seseorang bisa terhindar dari potensi mengalami diabetes di masa tua. Begitu pula dengan diet lemak yang dapat membantu mencegah kolesterol. 

Saya paham bahwa saya adalah manusia biasa yang tidak mungkin bisa konsisten terus-terusan menjalani diet. Ada masanya saya akan tergiur dengan makanan lezat berlemak macam nasi padang atau minuman boba kekinian.

So, sebelum memulai diet saya sempat riset terlebih dahulu bagaimana cara menurunkan berat badan paling oke untuk mereka yang susah konsisten. Berbekal mencari data di internet dan beberapa buku diet, saya mendapati beberapa poin tips berikut. 

Ritual Minum Teh di Pagi Hari

Saya baru tahu kalau teh punya kandungan antioksidan yang cukup tinggi untuk menurunkan berat badan. Mengkonsumsi teh dapat membantu meluruhkan lemak yang ada pada tubuh. 

Nah, jenis teh apa saja yang dimaksud bisa membakar lemak? Hampir semua teh bisa membantu menurunkan berat badan, kok. Ada teh hijau, putih, oolong, hitam, dan lain-lain. Saya baru sadar, mungkin ini juga rahasia kenapa sebagian besar orang Jepang punya berat badan yang Ideal. Budaya minum teh di pagi hari membuat badan mereka membakar lemak lebih cepat. 

Tidak Terlalu Sering Begadang

Buat kaum-kaum yang susah konsisten, langkah terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan mencukupkan jam tidur. Ini supaya metabolisme tubuh tidak terganggu sehingga proses pembakaran lemak berjalan semestinya. 

Sebaliknya, kurang tidur bisa merusak siklus metabolisme hingga 50%. Selain itu, semakin malam kamu begadang maka keinginan buat ngemil pun meningkat hingga berkali-kali lipat. Kebayang bagaimana bila kamu melakukannya setiap hari?

So, pastikan untuk tidur minimal 6 hingga 8 jam perhari untuk kamu orang dewasa. Ingat bahwa kamu juga tidak boleh melakukannya berlebihan. 

Tetap Makan Tapi Jangan Terburu-buru

Sebab naiknya berat badan bisa karena cara makan kamu yang terlalu cepat. Ini ada penelitiannya di Jepang, nih. Jadi, peserta dengan ritme makan yang cepat mengalami sindrom metabolik yang membuat mereka cepat lapar. 

Pemakan cepat juga mengalami pertambahan berat badan, kadar gula darah dan lingkar pinggang yang terlalu tinggi. Sebabnya, saat makan cepat, tubuh tidak punya kesempatan memberi sinyal dan memberitahu kapan saatnya berhenti.

So, sebaiknya makanlah dengan perlahan dan fokus pada apa yang ada di hadapan kamu. Hindari penggunaan gadget sambil makan supaya kamu bisa menikmati momen saat melahap makanan. 

Memperbanyak Minum Air Putih

Setidaknya, walau kamu bukan orang yang mudah konsisten, luangkan waktu untuk minum air putih minimal 8 gelas perhari. Banyak mengkonsumsi air putih membantu tubuh kamu meluruhkan lemak dengan cepat dan meningkatkan metabolisme tubuh. 

Bonusnya, kamu tidak akan mudah sakit dan kulit pun akan cepat glowing. Ingat bahwa air putih yang diminum tidak boleh dicampur dengan gula sama sekali. 

Kamu bisa mulai dengan membawa botol minum kemanapun untuk melengkapi kebutuhan cairan setiap harinya. Bisa juga sediakan galon air di dalam kamar kos buat kamu yang suka mager minum ke dapur. 

Mengonsumsi Sayur Sebagai Camilan

Ngemil bukan tantangan bagi kamu yang susah konsisten diet. Kamu sebenarnya sangat bisa ngemil, asalkan tahu apa jenis snack yang dimakan. Nah, biar berat badan cepat turun meski doyan icip-icip, silahkan ganti snack tak sehat dengan sayuran atau buah-buahan. 

Sayuran akan memenuhi kebutuhan serat harian sehingga proses buang air besar kamu lebih lancar. Nah, kamu pun tidak akan begah dan buncit apabila mengkonsumsinya. 

Misalnya saja dengan membuat salad sayur yang dicampur sedikit yoghurt dan mayonaise. Jika kamu tidak doyan, bisa ganti dengan makanan ringan berbahan sayur. Contohnya adalah Mie Instan Sehat bernama Mie Jiwa Pagi

Ini adalah salah satu contoh makanan tanpa MSG yang terbuat dari sayur-sayuran sehingga mengandung nutrisi lengkap. Di dalamnya terkandung vitamin A, B2, B9, zinc dan zat besi. 

Susah konsisten bukanlah alasan bagi kamu untuk tidak menurunkan berat badan. Apalagi bagi kamu yang susah menahan hasrat buat berhenti ngemil, bisa ganti snack dengan konsumsi Mie tanpa MSG seperti Mie Jiwa Pagi. 

Mie Jiwa Pagi terbilang lebih sehat dibandingkan Mie lainnya sebab tanpa pewarna buatan atau pengawet. Enaknya lagi, ketika direbus Mie ini tidak mudah hancur sehingga lebih menggugah selera saat dimakan. 

Tentu saja, sebab dibuat dari sayuran maka Mie ini bisa membantu proses diet kamu lebih lancar tanpa hambatan. Justru, mengkonsumsinya akan membantu memulihkan nutrisi dan energi serta menambah semangat. 

Ingin beli Mie Jiwa Pagi? Kamu bisa mendapatkannya lewat e-commerce, warung dan minimarket terdekat. Harga Mie Jiwa Pagi hanya Rp 3.500 saja dengan varian rasa Ayam Bawang, Soto Segeer dan Mie Goreng. Semua varian dijamin halal dan non MSG, sangat cocok sebagai jajanan murah meriah yang sehat untuk diet. Cobain, yuk!

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Cara Menurunkan Berat Badan Buat Kamu yang Susah Konsisten"

  1. Pantangan diet memang berat banget apalagi soal camilan yang harus dikurang dan makan yang mulai diatur, agaknya sulit di tengah maraknya jajanan ini. Kadang ada keinginan kuat eh tapi tiba-tiba dijatuhkan begitu saja. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. Kalau lihat banyak makanan di depan mata, sangat syulit untuk mengendalikan hasrat makan. Hasilnya, program diet ambyaaarr. :D

    ReplyDelete
  3. Kalau lihat banyak makanan di depan mata, sangat menggoda sekali

    ReplyDelete
  4. I like the writing style of this blog, it is very clear and very informative

    ReplyDelete

Terkini