Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

Cara Membuat Cappucino ala Omela Foaming Milk Professional, Mudah dan Creamy!


Saat ini, di mana-mana pasti ada coffee shop atau cafe yang menyajikan beragam jenis kopi. Bagi kamu pecinta kopi, hal ini tentunya tidak bisa dilewatkan begitu saja. Namun, sekarang ada kreasi baru yang jarang ditemukan untuk menikmati kopi, yaitu rasa kopi ala Omela. Jangan khawatir, menu ini tidak sulit untuk dicoba.

Salah satu cara mudah untuk membuat cappuccino adalah dengan menyiapkan Omela Foaming Milk Professional. Kami akan merangkum cara membuat cappuccino ala Omela yang mudah dan praktis. Yuk simak!

Alat dan Bahan

Untuk membuat cappuccino, kamu perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan, seperti:

1. Biji Kopi

Nah, untuk bikin cappucino, kamu harus menyiapkan biji kopinya terlebih dahulu. Agar rasanya nikmat, harus perhatikan takaran dengan pas. Kamu bisa menyiapkan sekitar 20 gram biji kopi untuk 60 ml air.

2. Timbangan

Sebelum membuat cappuccino, penting menggunakan timbangan agar perbandingan antara kopi dan air tepat. Dengan menggunakan timbangan, kamu dapat menghindari kegagalan seperti kopi yang terlalu encer atau terlalu kental. Cappuccino membutuhkan takaran yang seimbang antara kopi dan susu, sehingga timbangan sangat diperlukan untuk memastikan proporsi yang tepat.

3. Penggiling Kopi

Selanjutnya, kamu perlu menggunakan penggiling kopi untuk menghaluskan biji kopi yang sudah ditimbang dengan baik. Hal ini penting agar kualitas rasa cappuccino kamu lebih segar dan autentik. Dengan menggunakan biji kopi alami yang dihaluskan secara tepat, kamu akan mendapatkan aroma dan rasa kopi yang lebih kaya dan nikmat di cappuccino kamu.

4. Air

Untuk membuat kopi yang nikmat, kamu perlu mempersiapkan air dengan suhu yang pas yaitu sekitar 90 derajat celcius. Jika tidak punya alat untuk mengukur suhu, kamu bisa merebus air dan diamkan selama 2 menit agar mencapai suhu yang sama. Ini penting karena suhu air yang tepat akan mempermudah kopi larut dan memberikan rasa yang seimbang pada cappuccino.

5. Omela Foaming Milk Professional

Untuk membuat cappucino yang nikmat, susu merupakan salah satu bahan yang penting. Jika kamu ingin membuat cappucino dengan cita rasa yang khas dari Omela, kamu harus mencoba menggunakan Omela Foaming Milk Professional. Selain harganya terjangkau, ini memang khusus digunakan untuk membuat foam yang lembut dan creamy.

Dengan menggunakan Omela Foaming Milk Professional, kamu tidak perlu khawatir bahwa cappucino akan terasa terlalu manis, karena produk ini tidak mengandung gula. Kamu bisa menikmati cappucino yang creamy dan lembut dengan rasa yang pas. Jadi, tunggu apa lagi? Segera coba Omela Foaming Milk Professional untuk membuat cappucino yang lebih nikmat!

6. Aeropress atau Presso

Selanjutnya, kamu perlu menyiapkan alat ekstraksi seperti Presso atau aeropress. Keduanya berfungsi untuk mengekstrak sari kopi. Jika kamu tidak memiliki keduanya, tidak perlu khawatir karena bisa menggunakan salah satunya.

7. Milk Frother

Nah, kita butuh alat yang namanya Milk Frother buat bikin foam nih. Jadi, cappuccino enggak cuma butuh kopi sama steam milk, tapi juga perlu foam buat dicampur.

8. French Press

Terdapat alat yang perlu disiapkan kalau mau bikin kopi, yaitu French Press. Ini adalah alat seduh kopi yang biasa dipakai orang untuk bikin kopi manual. Nikmatnya lagi, French Press bisa juga menggantikan fungsi steam milk pada mesin espresso, yang biasanya dipakai buat bikin susu panas buat kopi. Jadi dua fungsi dalam satu alat!

9. Server

Siapkan server atau tempat untuk menyajikan cappucino yang berupa cangkir yang bisa muat 250 ml. Tapi tenang aja, kamu bisa pake cangkir atau gelas apa aja sesuai selera dan ukuran yang diinginkan.

Membuat Cappucino #PalingPasDenganOmela


Sudah siap buat cappuccino? Jangan kuatir, simak langkah-langkahnya biar kamu bisa bikin cappuccino yang nikmat dan sukses.

1. Buatlah Espresso

Pertama, kita mulai dengan membuat espresso. Caranya gampang banget kok, cukup rebus air sampai mendidih, lalu diamkan selama 2 menit biar suhunya mencapai 90 derajat celsius. Sementara menunggu, siapkan biji kopi yang sudah ditakar dan giling hingga halus. Setelah itu, masukkan kopi gilingan ke dalam aeropress atau presso, ekstrak dengan air rebusan tadi, dan voila! Espresso sudah jadi.

2. Membuat Steam Milk

Selanjutnya, kita bikin steam milk. Caranya, panaskan susu selama sekitar 2 menit sampai suhu mencapai 90 derajat celsius. Setelah itu, tekan susu dengan French press hingga keluar mikro buih dan teksturnya pas untuk cappuccino. Durasinya sekitar 1-2 menit aja.

3. Membuat Foam

Nah, setelah itu kita bikin foam. Langkahnya mirip kayak bikin steam milk tadi. Panaskan Omela Foaming Milk Professional sampai suhu 90 derajat celsius, lalu gunakan milk frother dan aduk naik-turun susu selama sekitar 30 detik hingga terbentuk foam yang pas.

4. Peracikan

Setelah semua bahan siap, tinggal kita peracik. Campurkan espresso, steam milk, dan foam milk dengan rasio 1:1:1, lalu tuang foam milk ke atas cappuccino dengan hati-hati biar gak tumpah. Kalau kamu suka, kamu juga bisa taburkan bubuk cokelat, kayu manis, atau hiasan lainnya sesuai selera.

Nah, itulah cara membuat cappuccino ala Omela yang simpel tapi nikmat. Omela Foaming Milk Professional dibuat khusus untuk pemilik kedai kopi dan barista yang ingin membuat cappuccino, latte, mocha, flat white, dan kopi lainnya yang memerlukan foaming. 

Dengan OMELA Foaming Milk mampu menciptakan microfoam yang shiny, lembut, tebal dan stabil hingga 30 menit dengan warna yang pas, tidak terlalu putih dan tidak terlalu gelap. Jika dirasakan, OMELA Foaming Milk Professional tidak mengandung gula tambahan sehingga netral dan memberikan rasa akhir yang balance antara medium sweet dan medium creamy.

Foaming milk juga memiliki keunggulan yaitu jangka waktu penyimpanan yang lebih panjang hingga 9 bulan pada suhu ruangan dalam kondisi kemasan belum dibuka. 

OMELA Foaming Milk Professional hanya perlu didinginkan di dalam kulkas dengan suhu 4 derajat celcius sebelum penggunaan, sehingga tidak memerlukan penyimpanan di chiller dan membuat pemilik bisnis kopi menjadi lebih hemat operasional listrik. 

Jadi tunggu apalagi, segera dapatkan OMELA Foaming Milk for Professional dengan harga terjangkau mulai dari Rp 16.500

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Membuat Cappucino ala Omela Foaming Milk Professional, Mudah dan Creamy!"

  1. Omela ini produknya muncul beberapa kali di fyp, banyak yang buat video tutorial salah satunya buat cappucino. Jadi penasaran pengin nyobain karena kelihatannya enak dan cappucino favorit sih. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete

Terkini